Rabu, 04 Agustus 2010

Duku Buah Musiman

Duku yang paling terkenal ialah duku palembang, yang daging buahnya bening, dan manisnya betul-betul menyenangkan. Saking terkenalnya, sampai gambar duku dipakai sebagai maskot Propinsi Sumatra Selatan.
Tetapi duku yang bermutu bagus justru tidak berasal dari Palembang, melainkan dari kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) dan OKI (Ogan Komering Ilir)
Musim duku biasanya jatuh pada bulan Januari – Februari. Namun ini sangat dipengaruhi oleh kapan mulai datang musim kemarau dan di sertai hujan di suatu daerah. Kalau datangnya lebih awal dari biasanya, musim duku akan maju lebih awal juga. Sebaliknya, kalau terlambat, ya terlambat!
Musim buah duku selalu didahului oleh musim bunga. Normalnya jatuh pada musim hujan, sekitar Desember – Januari. Dengan kemarau dan curah hujan yang normal, dan air yang cukup dalam tanah, pohon dirangsang untuk bersemi. Tetapi kalau hujan tidak turun-turun selama musim bunga ini, pembentukan bunga tidak akan terjadi. Sebaliknya, kalau hujan deras turun terus berkepanjangan selama awal musim bunga, bunga duku juga gugur dan gagal membentuk buah.
Kiat memilih duku
Duku yang bagaimana sih, yang enak dimakan? Jawabnya adalah yang benar-benar masak di pohon. Warnanya sudah kuning.
Sayang, buah masak pohon ini cepat sekali berubah penampilannya. Dalam waktu 3 hari, kulitnya yang kuning akan menjadi coklat (tanda kematangan) tapi di dalam nya masi bagus.
Duku memang harus diperlakukan dengan hati-hati, jangan sampai “dituang” seperti gundu berderai-derai ketika dipindah dari wadah ke wadah lain. Memindah duku mestinya dengan tangan segenggam demi segenggam. Jadi persis seperti memperlakukan telur.
Sebaliknya juga kurang bijak kalau kita panen duku ketika warnanya masih kuning pucat, atau hijau muda. Diperam pun tidak akan masak, malah berubah rasanya. Sebab, duku memang buah yang non klimakterik (tidak mengalami masa perubahan fisiologis). Proses pemasakannya tidak berlanjut setelah buah dipetik dari pohon. Kalau toh diperam, warna kulitnya berubah terpaksa, dan tampak seperti buah masak pohon. Tetapi warna itu kusam tidak menarik. Sedangkan rasanya tetap saja asam.
Harga duku bisa nya berkisar 50-90 ribu per peti, tapi itu harga di tempat batang kalau sudah di bawah keluar kota harga nya bisa mencapai 100 ribu per peti.


Yang berminat untuk memesan duku dalam partai besar dapat mehubungi saya di no 0857645152xx atau ke Fb setan_gaul19@yahoo.com. Tapi kalu sudah musim sekitar bulan januari dan februari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar